Thursday, November 09, 2017

Macam-Macam Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Macam-Macam Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui - Selamat datang di loker ilmu, pada kali ini kita akan mengulas lagi mengenai masalah sumber daya alam, Pada sebelumnya kita telah membahas mengenai Jenis Jenis Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya Yang Ada Di Indonesia, namun pada kali ini kita akan membahas secara spesifik untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sebenarnya apasih sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui itu ? Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui merupakan suatu sumber daya yang di ambil dari alam dan jika digunakan secara terus menerus sumber daya tersebut akan habis, dari sini kita sudah tau resiko penggunaan sumber daya yang tidak dapat di perbaharui secara terus menerus.

Berikut adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

a. Batu Bara
Batu bara berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang hidup jutaan tahun yang lalu. Sisa-sisa tumbuhan tersebut terkubur di dalam tanah. Batu bara terbentuk apabila lapisan pasir dan tanah menutup tumbuhan keras yang ada di dataran rendah. Lama-kelamaan materi tumbuhan tersebut membentuk bahan berwarna cokelat dan keras yang disebut gambut.

Berjuta-juta tahun kemudian, lapisan batuan yang menutupi gambut makin banyak. Tekanan dari batuan akan mengubah gambut menjadi lignit (batu bara muda). Lapisan batuan yang menutupi lignit dari tahun ke tahun selalu bertambah. Hal ini, menyebabkan tekanan pada lignit makin bertambah. Akibatnya, lignit dapat berubah menjadi bitumen. Akhirnya, tekanan dan panas yang sangat tinggi yang ditimbulkan oleh batuan di atasnya akan mengubah bitumen menjadi antrasit atau batu bara tua. Batu bara banyak terdapat di Ombilin, Sawah Lunto, dan Bukit Asam.

b. Minyak Bumi
Minyak bumi terbentuk dari hewan-hewan kecil atau protozoa yang mati di dalam laut. Hewan-hewan yang mati tersebut lalu tertutup lumpur dan pasir secara perlahan-lahan. Lama-kelamaan timbunan lumpur dan pasir tersebut makin tebal dan memberi tekanan sehingga menyebabkan perubahan materi hewan menjadi minyak bumi dan gas alam.

Penambangan minyak bumi akan menghasilkan minyak mentah. Minyak mentah tersebut kemudian diolah atau disuling. Proses penyulingan akan menghasilkan bahanbahan sebagai berikut.
1) Bensin, untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
2) Solar, untuk bahan bakar mesin diesel.
3) Minyak tanah atau kerosin, untuk bahan bakar lampu minyak dan kompor.
4) Vaselin, untuk kosmetik, salep, dan obat-obatan.
5) Parafin, untuk bahan pembuat lilin.
6) Oli, untuk pelumas gigi roda.
7) Aspal, untuk pembuatan jalan raya.

c. Gas Bumi (Gas Alam)
Gas bumi berasal dari pengeboran yang mengenai lapisan gas. Gas yang dihasilkan tersebut disebut gas bumi atau gas alam yang diubah dalam bentuk cair. Gas bumi biasanya digunakan di pabrik-pabrik. Tetapi sekarang, gas bumi banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, yaitu sebagai bahan bakar kompor gas. Gas bumi banyak terdapat di Arun, Bontang, dan Pulau Natuna.

d. Besi
Besi adalah logam yang paling banyak digunakan oleh manusia. Besi banyak digunakan sebagai kerangka bangunan, alat-alat pertukangan, pagar halaman, dan sebagainya. Bijih besi juga merupakan bahan dasar pembuatan baja. Baja yang tahan karat disebut stainless steel. Baja yang tahan karat terbuat dari campuran besi, nikel, dan krom.

e. Aluminium
Aluminium berasal dari bijih aluminium yang sering disebut bouksit. Aluminium sangat baik sebagai penghantar panas, tahan karat, ringan, serta mengkilap indah bila dipoles. Aluminium dapat digunakan untuk membuat alat-alat rumah tangga, bahan bangunan, alat-alat kendaraan, dan badan pesawat terbang. Bouksit terdapat di Pulau Bintan dan Sinkawang.

f. Timah
Timah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu timah hitam dan timah putih. Timah hitam sering digunakan sebagai campuran logam seperti seng. Timah putih digunakan untuk mematri dan melapisi logam lain agar tidak berkarat. Campuran timah dan seng menghasilkan kuningan. Timah terdapat di Sungai Liat, Manggar, Bangkinang, dan Pulau Singkep.

j. Tembaga
Tembaga adalah logam yang lunak sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran beberapa logam lainnya. Perunggu adalah campuran antara tembaga, timah, dan seng. Tembaga juga digunakan untuk membuat kabel listrik karena tembaga merupakan logam penghantar listrik yang paling baik. Tembaga terdapat di Tembagapura (Papua).

k. Emas
Emas adalah salah satu barang tambang dalam bentuk logam dasar. Emas termasuk logam yang tahan lama, berwarna indah, dan tidak bereaksi terhadap asam sehingga tahan karat. Emas banyak digunakan orang sebagai bahan pembuat perhiasan, seperti kalung, gelang, dan cincin. Emas terdapat di Cikotok (Jawa Barat).

l. Nikel
Nikel adalah logam yang tahan karat dan warnanya mengkilap. Nikel sering digunakan untuk melapisi besi agar mengkilap dan tahan karat. Nikel terdapat di Soroako, Pomala, dan Pegunungan Verbek.

2. Pelestarian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Seiring dengan kemajuan teknologi, logam banyak digunakan untuk berbagai keperluan hidup manusia. Agar kebutuhan logam terpenuhi, manusia melakukan penambangan logam secara besar-besaran. Apabila hal ini terusmenerus terjadi, lambat laun persediaan sumber daya alam berupa logam akan habis. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya agar kita dapat mempertahankan kelestarian sumber daya alam tersebut. Upaya-upaya yang dapat dilakukan, antara lain:
a. melakukan perlindungan dan pengawasan terhadap tindakan penambangan,
b. mengadakan penghematan pemakaian logam, dan
c. mengadakan daur ulang logam.
Dapatkah kamu menunjukkan contoh upaya-upaya
yang lainnya ?

3. Contoh penggunaan SDA yang tidak dapat diperbaharui
a. Industri batu bara
b. Industri minyak bumi
c. Penambangan emas
d. Industri biji besi
e. Industri alat transportasi.

Itulah ulasan mengenai sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui, semoga dapat membantu sobat :)
Jangan lupa share ya :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon