Friday, November 03, 2017

Macam Macam Sendi Dengan Letak dan Fungsinya Beserta Gambar

macam macam sendi dengan letaknya dan fungsi beserta gambar - Selamat datang di Lokerilmu, Hay sobat Loker, Pernah kah sobat loker memperhatikan pintu rumah ? tau tidak kenapa pintu rumah dapat bergerak membuka dan menutup, itu karena adanya engsel yang mempermudah gerak pintu tersebut. Lantas bagaimana keadaan tulang yang satu dengan yang lainnya pada tubuh sobat? Sedangkan tulang pada manusia saling berhubungan satu dengan lainnya.

Sendi Adalah

Suatu struktur khusus yang merupakan penghubung antar tulang agar bisa tetap bergerak kesana kemari adalah pengertian sendi. Hubungan antar ini juga sering disebut dengan sebutan artikulasi. Fungsi utama adalah untuk memberi akses dan gerakan pada tempatnya, juga sebagai poros anggota gerak tubuh.

Keadaan sendi pada tulang manusia sebenarnya sama seperti engsel tersebut. Hanya saja, persendian pada manusia dibedakan atas yang dapat digerakkan dan yang tidak dapat digerakkan. Pada tulang tengkorak terdapat beberapa tulang. Apakah masing-masing tulang penyusun tengkorak dapat digerakkan? Jawabannya tidak, jika tidak dapat di gerakkan berarti itu sendi mati. Jadi hubungan tulang tengkorak (sutura) merupakan sendi mati.

Baca Juga : Contoh puisi Terima kasih Pendek Tentang Ibu tersayang , Niat Puasa Senin Kamis : Tata Cara, Keutamaan, Keistimewaan Dan Manfaat

Macam - Macam Sendi Berdasarkan Sifat Geraknya

pada manusia sendi yang memiliki ruang gerak di bedakan menjadi beberapa jenis yaitu ada 5 ( lima ), sendi peluru, sendi geser, sendi pelana, sendi putar, dan sendi engsel untuk penjelasannya sebagai berikut :

1) Sendi Engsel

gambar sendi engsel
Sendi engsel merupakan bentuk hubungan dua tulang yang hanya memungkinkan terjadinya gerakan ke satu arah. Sendi engsel seperti pintu yang dapat kita buka ke satu arah saja. Contoh sendi engsel adalah hubungan antartulang pada lutut, siku, dan antar ruas-ruas jari.



gambar sendi geser

2) Sendi Geser


Sendi geser merupakan bentuk hubungan dua tulang yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Bentuk sendi geser dapat dijumpai pada hubungan antartulang-tulang pergelangan tangan dan tulang-tulang pergelangan kaki.



3) Sendi Pelana

gambar sendi pelana
Sendi pelana merupakan bentuk hubungan dua tulang, di mana kedua ujung tulang berbentuk pelana kuda. Contoh sendi pelana adalah hubungan antara tulang-tulang telapak tangan dengan tulang ruas jari tangan.



4) Sendi Putar

gambar sendi putar
Sendi putar merupakan bentuk hubungan dua tulang yang memungkinkan tulang yang satu bergerak mengitari ujung tulang yang lain. Contoh sendi putar adalah hubungan antartulang atlas dengan tulang pemutar dan tulang pengumpil dengan tulang hasta.



5) Sendi Peluru

gambar sendi peluru
hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.

Macam - Macam Sendi Berdasarkan Sifat Gerak

1. Sendi mati (sinartrosis)

Sendi mati adalah persendian yang tidak dapat digerakkan karena terbentuk dari hubungan antartulang yang erat.
Contoh sendi mati adalah Persendian pada tulang tengkorak dan gelang panggul.

2. Sendi kaku (amfiartrosis)

Sendi kaku adalah persendian yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan.
Contoh sendi kaku adalah Persendian pada tulang pergelangan tangan dan kaki, persendian antara tulang rusuk dan tulang dada.

Baca juga :   10+ Contoh Cerpen Singkat Terbaru , Lafadz Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

3. Sendi gerak (diartrosis)

Sendi gerak adalah  persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan yang lebih bebas. Pada kedua ujung tulang yang saling berhubungan terbentuk rongga sendi yang berisi minyak sendi (cairan sinovial). Minyak sendi dihasilkan oleh membran sinovial yang melapisi persendian.

Itulah pembahasan topik kita kali yang mengenai sendi dan letaknya semoga sobat terbantu :)
Jangan lupa share ya :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon