Tuesday, October 31, 2017

Mengenal Bagian - Bagian Pada Mata dan Fungsinya

Mengenal Bagian - Bagian Pada Mata dan Fungsinya - Selamat datang di Loker ilmu. Hay, sobat loker jumpa lagi dengan saya, pada kali ini kita akan mempelajari mengenai Bagian - Bagian Mata dan Fungsinya, apakah penting untuk mempelajari ini ? tentu saja karena mata kita adalah jendela dunia kita. Sudah wajib bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari serta merawat Bagian - Bagian mata pada diri kita. Oke, langsung saja ke topik pembahasan untuk lrbih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

Mata (Indra Penglihat)

Mata atau yang sering di sebut dengan indra penglihat. Coba sobat loker untuk memejamkan matamu sesaat saja. Apa yang terjadi?
Bisakah sobat loker melihat keadaan sekelilingmu? Ketika mata kita terpejam, kita tidak dapat melihat keadaan disekitar. Semua menjadi gelap gulita serasa seperti saat mati lampu, tidak terlihat apapun.

Kita dapat melihat dan menikmati keindahan alam yang di ciptakan sang kuasa, karena kita di berikan alat penglihatan yang disebut mata. Dengan menggunakan mata, kita dapat melihat keindahan dunia seisinya hasil ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Dengan mata, kita dapat mengetahui bentuk, warna, dan ukuran suatu benda.

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Apakah sobat loker mengetahui seperti apa bentuk mata yang sobat miliki? Cobalah melihat mata sobat sendiri pada waktu bertatap langsung dengan cermin. lantas apa saja yang terlihat? Bola mata terletak di dalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi. Mata merupakan salah satu organ yang penting, dan juga mata adalah bagian tubuh yang rawan untuk terluka sehingga harus dilindungi oleh tulang.

Bagian Luar Mata

Bagian luar mata, apasih bagian luar mata itu ? Bagian luar mata adalah bagian bagian mata yang berada di luar antara lain adalah alis mata, kelopak mata, kelenjar air mata,dan bulu mata. Bagian-Bagian ini memiliki fungsi untuk melindungi mata dari pengaruh luar.

1. Alis Mata
Alis mata merupakan kumpulan rambut kasar yang terletak di atas mata, lebih tepatnya yang sering di arsir pake pensil alis oleh kaum hawa. Alis mata sendiri berguna untuk mencegah keringat dan kotoran dari dahi agar tidak masuk ke dalam mata.

2. Kelopak Mata
Kelopak mata meiliki dua bagian yang terdiri dari kelopak atas dan kelopak bawah. Kelopak mata berguna untuk menutupi bagian bola mata. Pernah mengamati temanmu yang dalam keadaan tertidur? Tentu saja orang yang sedang tidur, kelopak matanya dalam keadaan tertutup. Pada waktu tidur, mata sedang dalam keadaan beristirahat sehingga kelopak mata menutup. Apabila terkena cahaya yang silau atau ada benda asing yang akan masuk, kelopak mata akan segera menutup untuk melindungi mata. Mata kita juga sering berkedip tanpa kita sadari. Berkedip merupakan kegiatan menutup dan membuka kelopak mata. Gerakan kelopak mata ini juga bertujuan untuk membersihkan kornea.

3. Kalenjar Air Mata
Apakah sobat loker pernah menangis ?, Apakah sobat mengetahui dari manakah asal air mata tersebut? Air mata yang muncul saat kita menangis dihasilkan oleh kalenjar air mata. Air mata mempunyai banyak fungsi. Air mata berguna untuk membasahi kornea mata agar tidak kering, melindungi mata dari kuman, menjaga mata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.

Baca juga : Rumus Matematika Kelas 6 Sd Yang Sering Muncul di UN

4. Bulu Mata
Bulu mata merupakan rambut yang terletak di kelopak mata, lebih tepatnya yang terletak pada bagian ujung kelopak mata. Bulu mata dapat diumpamakan sebagai tirai (kisi-kisi). Tahukah kamu fungsi dari bulu mata? Bulu mata berguna untuk melindungi mata dari benda asing, misalnya debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam mata. Bulu mata juga berguna untuk mengurangi cahaya yang terlalu terang yang akan masuk ke mata.

Bagian Dalam Mata

Untuk penjelasan yang di atas tadi tentang bagian mata luar, unruk yang di bawah kita akan membahas bagian mata yang berada di dalam.

1. Kornea (Selaput Bening)
Kornea sangat penting bagi ketajaman penglihatan kita. Apakah sobat mengetahui apa fungsi kornea pada mata? Kornea meliki fungsi yang penting yaitu untuk melindungi lensa mata, dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada retina. Kornea mempunyai sifat tidak
berwarna (bening) dan tidak mempunyai pembuluh darah. Orang yang udah lanjut usia, korneanya berubah menjadi keruh. Kornea mata yang rusak dapat diganti dengan cara melakukan cangkok mata. Orang yang menyumbangkan kornea matanya disebut donor mata. Donor mata dapat menyembuhkan seseorang dari kebutaan.

2. Iris (Selaput Pelangi)
Selaput pelangi adalah selembar otot yang terletak di belakang kornea. Selaput pelangi merupakan jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. Warna iris ada yang biru, hitam, atau cokelat. Iris berguna untuk menggerakkan pupil ketika banyaknya cahaya yang mengalir masuk ke dalam mata. Lingkaran pupil terbentuk oleh iris. Coba kamu lihat iris mata teman sebangkumu? Apa yang kamu lihat? Selaput pelangi orang Indonesia pada umumnya berwarna cokelat kehitaman. Iris bekerja sama dengan pupil.

3. Pupil (Anak Mata)
Pernahkah kamu melihat mata kucing di waktu malam hari? Atau pernahkah kamu memerhatikan mata kucing ketika cahaya dalam keadaan sangat terang? Jika cahaya yang masuk sedikit, pupil melebar. Jika cahaya yang datang terlalu banyak, pupil mengecil. Pupil adalah celah (lubang) bundar yang ada di tengah-tengah iris. Mengecilnya pupil dimaksudkan agar cahaya tidak terlalu banyak masuk ke mata. Dalam cahaya redup atau gelap, otot-otot iris menjadi relaks sehingga pupil melebar. Melebarnya pupil membuat cahaya yang masuk ke mata menjadi banyak. Pupil mempunyai fungsi yang sama dengan diafragma pada alat potret (kamera).

4. Lensa Mata
Lensa mata berbentuk seperti lensa cembung dan tembus pandang. Apakah fungsi lensa mata itu? Lensa mata mempunyai fungsi memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat pada retina atau selaput jala. Lensa mata juga berfungsi sebagai pengumpul cahaya.
Lensa mata mempunyai kemampuan untuk mencembung dan memipih dalam upaya memfokuskan jatuhnya cahaya.

Kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungannya disebut daya akomodasi. Saat melihat benda dekat, mata berakomodasi dengan kuat. Akibatnya mata menjadi lebih cembung dan bayangan dapat jatuh tepat di retina. Sedangkan pada saat mengamati benda yang jauh, mata kita tidak berakomodasi sehingga lensa mata berbentuk pipih. Orang yang sudah lanjut usia (di atas 50 tahun), daya akomodasi lensa matanya mulai menurun sehingga menjadi sulit untuk melihat dengan jelas.

Baca juga : Macam - Macam Jenis Sudut dan Penjelasan

5. Retina (Selaput Jala)
Selaput jala merupakan selaput yang terletak paling belakang, bersifat peka terhadap rangsang cahaya. Selaput jala menerima cahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata di depannya. Pada selaput jala terdapat ujung-ujung saraf penerima. Pada retina ada bagian yang disebut bintik kuning dan di bawah bintik kuning terdapat bintik buta. Jika cahaya jatuh pada bintik buta, maka kita tidak dapat melihat sesuatu. Retina mempunyai saraf yang berhubungan dengan saraf pusat penglihat yang berfungsi untuk mengatur kerja mata dan menyampaikan gambar yang kita lihat ke otak.

6. Otot Mata
Cobalah meminta teman sobat loker untuk melirik ke kiri dan ke kanan. Perhatikan apa yang terjadi pada bola matanya. Benar, bola mata tersebut bergerak ke kiri dan ke kanan. Tahukah kamu apa yang menggerakkan bola mata tersebut? Bagian yang menggerakkan bola mata adalah otot mata. Otot ini
berfungsi untuk mengatur gerakan bola mata. Gerakan ini menyebabkan mata dapat bergerak ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah, melirik ataupun melotot.

7. Saraf Mata
Tahukah kamu apa guna saraf mata? Saraf mata berguna sebagai penghubung antara sel saraf dalam retina dengan otak sebagai saraf pusat. Otak kemudian menyusun isyarat-isyarat yang dikirim tersebut, sehingga hasilnya kita dapat melihat.

Berikut untuk bagian bagian yang lebih jelasnya.

1. Kornea
Kornea (korneos) adalah bagian mata yang terletak di lapisan paling luar. Bagian ini berupa selaput bening yang bersifat tembus pandang (transparan). Sifat kornea ini membuat cahaya dapat masuk ke dalam sel-sel penerima cahaya di bagian dalam bola mata. Selain berfungsi melindungi mata dari benda-benda asing dari luar, kornea juga berfungsi dalam melakukan refraksi di lensa mata.

2. Iris
Iris adalah bagian mata yang berfungsi mengatur besar kecilnya pupil. Bagian ini jugalah yang memberi warna pada mata. Sebagai contoh, orang Asia memiliki mata dengan warna hitam hingga coklat, orang Eropa memiliki mata berwarna biru hingga hijau, dan lain sebagainya.

3. Pupil
Pupil adalah bagian mata yang berupa sebuah lubang kecil yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke bola mata. Besar kecilnya pupil diatur oleh iris. Ketika cahaya yang datang terlalu terang, pupil akan mengecil. Sedangkan saat cahaya yang datang terlalu redup, pupil akan membesar. Mekanisme kerja pupil ini membentu mata agar dapat menerima cahaya dalam jumlah tepat.

4. Retina
Retina adalah bagian mata berupa lapisan tipis sel yang terletak di bagian belakang bola mata. Bagian ini berfungsi menangkap bayangan yang dibentuk lensa mata kemudian mengubahnya menyadi sinyal syaraf. Retina merupakan bagian mata yang sangat sensitif cahaya karena ia memiliki 2 sel fotoreseptor, yaitu rods dan cones.

5. Lensa mata
Lensa mata adalah bagian mata yang berfungsi membentuk sebuah gambar. Gambar yang dibentuk lensa mata kemudian diteruskan untuk kemudian diterima retina. Lensa mata dapat menipis atau menebal sesuai dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Saat jarak benda terlalu dekat, lensa mata akan menipis, sedangkan saat jarak benda terlalu jauh, lensa mata akan menebal.

6. Akomodasi otot
Mekanisme menebal dan menipisnya lensa mata dapat terjadi akibat adanya fungsi akomodasi otot lensa. Otot ini bekerja mendorong dan menarik lensa mata sehingga dapat menebal dan menipis.

7. Bintik kuning
Bintik kuning adalah bagian mata yang paling sensitif terhadap cahaya. Saat bayangan benda jatuh pada bagian mata ini, benda tersebut akan sangat terlihat jelas, sementara jika bayangan benda jatuh sebelum atau sesudah bintik kuning, maka benda tersebut tidak terlihat jelas (lamur).

8. Bintik buta
Bintik buta atau blind spot adalah bagian mata yang tidak sensitif terhadap cahaya. Jika bayangan benda jatuh tepat pada bagian ini, maka benda tidak dapat terlihat oleh mata.

9. Syaraf optik
Syaraf optik adalah bagian mata yang berfungsi meneruskan informasi bayangan benda yang diterima retina menuji otak. Melalui saraf inilah sebetulnya kita dapat menentukan bagaimana bentuk suatu benda yang kita lihat. Jika syaraf optik ini rusak, itu berarti kita tidak dapat melihat alias buta.

10. Aqueous humor
Aqueus humor adalah cairan yang menyerupai plasma berlendir transparandengan konsentrasi protein yang rendah. Aqueous humor diproduksi oleh silia tubuh dan berfungsi sebagai struktur pendukung lensa.

12. Vitreous humor
Vitreous humor atau juga disebut badan vitreous adalah semacam gel yang berfungsi mengisi ruang antara retina dan lensa.

13. Sklera
Sklera adalah bagian dinding putih mata. Bagian ini memiliki ketebalan rata-rata sekitar 1 mm, akan tetapi ia juga dapat menebal hingga 3 mm karena adanya otot irensi.

Selain ke 13 bagian-bagian mata dan fungsinya di atas, bagian luar mata juga dilindungi beberapa organ, di antaranya:

Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

14. Bulu mata
Bulu mata berfungsi untuk menjaga mata dari masuknya benda-benda asing berukuran kecil seperti debu atau pasir.

15. Alis
Alis berfungsi menahan air keringat atau air yang jatuh dari kening (dahi) agar tidak masuk ke dalam mata. Beberapa orang mencukur alisnya, padahal secara logika mencukur alis sebetulnya tidak baik.

16. Kelopak mata
Kelopak mata berfungsi untuk menjaga bola mata dari masuknya benda asing dari luar mata seperti debu, goresan, pasir, atau asap. Selain itu, bagian mata ini juga berfungsi untuk menyapu bola mata dengan cairan dan mengatur jumlah cahaya yang masuk menuju mata. Fungsi-fungsi dari kelopak mata ini ditunjang oleh mekanisme buka tutup (berkedip) oleh otot kelopak.

17. Kelenjar lakrima
Kelenjar lakrima atau kelenjar air mata adalah bagian mata yang berfungsi menghasilkan air mata. Air mata bermanfaat untuk melembabkan mata, membersihkan mata dari debu, serta mematikan kuman yang masuk ke mata.

Itulah pembahasan mengenai Bagian - Bagian Pada Mata dan Fungsinya, semoga bermanfaat bagi sobat loker :)
Jangan lupa klik tombol share agar yang lain dapat ikut membaca :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon