Sunday, October 29, 2017

10+ Contoh Simbiosis Mutualisme dan Pengertiannya

10+ Contoh Simbiosis Mutualisme dan Pengertiannya - Selamat datang di LokerIlmu, kita kali ini akan membahas mengenai simbiosis mutualiasme, di dalam kehidupan seluruh makhluk hidup akan saling berhubungan dalam kesehariannya yang tak lepas selalu melibatkan binantang laian. simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis sendiri berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Jika kita artikan adalah dua makhluk hidup atau lebih yang hidup saling berdampingan.  Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.


Simbiosis Mutualisme adalah suatu hubungan timbal balik antara dua binantang atau lebih yang di mana masing - masing pihak tidak di rugikan namun saling mendaptakan keuntungan.

Baca juga : Jenis Jenis Peta | pengertian, Unsur ( Lengkap )

10+ Contoh Simbiosis Mutualisme :

1. Interaksi Burung Jalak dan Kerbau

Pada contoh yang pertama adalah burung jalak dengan kerbau, yang biasanya burung jalak hinggak pada badan kerbau untuk mencari kutu pada tubuh kerbau tersebut.  Dari contoh ini burung jalak mendapatkan keuntungan berupa makanan sedangkan kerbau sendiri mendapatkan keuntungan berupa tubuhnya yang di bersihkan dari kutu oleh burung jalak.

2. Interaksi Kupu-kupu dan Bunga

Intraksi kedua adalah kupu - kupu dengan lebah, yang di mana kupu-kupu mendapatkan madu dari bunga yang ia hinggapi dan bunga tersebut mendaptkan bantuan dalam proses penyerbukan.

3. Interaksi Bunga dan Lebah

Pada intraksi ini sebenarnya sama saja seperti yang terjadi antara kupu-kupu dengan bunga, yang di mana lebah mendapatkan makanandari nektar bungan dan bunga mendapat bantuan dalam proses penyerbukan.

4. Kelelawar Berbulu Wol dan Kantung Semar

Intraksi yang terjadi antara Kelelawar dan kantong semar adalah karena kelelawaar berbulu wol memilih untuk bertempat tinggal pada lokasi yang nyaman seperti hidup di sekitar kantong semar yang dimana kantong semar memperoleh pupuk dari kotoran kelelawaar.

5. Interaksi Buaya dan Burung Plover

Pernahkah kalian melihat burung plover hinggap pada mulut buaya, mungkin kalian akan berfikir kenapa burung tersebut tidak di makan oleh buaya. Sebenarnya mereka sedang melakukan hubungan simbiosis mutualiasme yang di mana burung plover membersihkan kotoran bekas sisa makanan di gigi buaya.

6. Simbiosis Mutualisme Burung Oxpecker dan Zebra

Pada umumnya burung oxpecker senang memakan kutu pada tubuh hewan lain, terutama pada tubuh zebra dan dari situ zebra memperoleh keunutungan tubuhnya bersih dari kutu, dan maanfaat lain bagi zebra adalah burung oxpecker bisa menjadi alat radar jika ada pemangsa yang mendekat, burung oxpecker akan berteriak dan terbang.

Baca juga : Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Jenis dan Strukturnya

7. Hubungan ikan badut dengan anemon laut

Pada dasarnya ikan badut hidup pada anemon laut bukan tanpa alasan, sebenarnya anemon laut juga mendapat keuntungan keteika ada parasit yang menempel pada tentakel anemon maka parasit tersebut akan di makan oleh ikan badut dan ikan badut menjadikan anemon sebagai tempat tinggal dan berlindung dari predator.

8. Hubungan raflesia dengan lalat

Interaksi ini sebenarnya sama dengan intraksi yang terjadi antara bunga dengan lebah ataupun kupu-kupu, yang di mana lalat mendapat makanan dan raflesia terbantu dalam proses pnyerbukan.

9. Jamur dengan Alga

Jamur yang tergolong tanaman yang merugikan ini ternyata memiliki sisi lain yang menguntungkan bagi tanaman lain pula. Adapun jenis jamur yang bermanfaat kali ini adalah jenis miselia yang merupakan jenis jamur yang dapat menahan terjangan air laut. Berkat adanya jamur tersebut tentunya membuat lingkungan yang berada disekitarnya menjadi lembab. Dalam kondisi demikian, tanaman alga yang tumbuh disekitarnya tentu memanfaatkan momentum seperti ini.

Tanaman alga tersebut memanfaatkan untuk melakukan proses fotosintesis pada tumbuhan dikarenakan kondisinya sangat mendukung, sedangkan disisi lain, jamur tersebut tentunya mendapatkan hasil dari fotosintesis tanaman alga.

10. Semut dengan Kutu Buah

Kutu daun merupakan hewan yang dapat merugikan bagi setiap tanaman, akan tetapi dapat menguntungkan bagi pihak semut. Pola interaksi yang terjadi diantara semut dan kutu buah atau kutu daun ini saling menguntungkan satu sama lain. Pada mulanya kutu tersebut akan mencari makanannya dengan menghisap getah yang terdapat pada batang setiap tanaman, kemudian apabila sudah cukup maka semut akan menghampirinya dan menekan bagian punggung kutu tersebut agar cairan yang dihisap dan diolahnya tersebut keluar.

11. Hubungan Burung Bangau dan Kuda Nil, Kerbau, Gajah dan Kuda

Burung Bangau akan bertengger di punggung banyak jenis mamalia besar, memunguti parasit-parasit dari bulu atau kulit mereka untuk dijadikan santapan. Diduga pula bangau-bangau ini juga lebih sensitif dan waspada terhadap lingkungan sekitarnya daripada tunggangannya, dan membuatnya menjadi peringatan awal terhadap serangan predator atau bahaya-bahaya lainnya.

12. Hubungan Flagelata dengan rayap

Flagelata mengeluarkan enzim selulase yang membantu rayap mencerna kayu, sedangkan flagelata mendapat makanan dari rayap.Jenis flagellata dalam bahasan ini yaitu Flagellata Trichonympha dan Myxotricha yang hidup di dalam usus rayap dan membantu rayap untuk mencerna kayu karena dapat mengeluarkan enzim selulosa. Enzim ini membuat partikel kayu tersebut menjadi lebih lunak.

Ciri-Ciri Simbiosis Mutualisme

Sebuah simbiosis dapat dikatakan menguntungkan atau mutualisme jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Saling menguntungkan kedua belah pihak yang melakukan simbiosis .
2. Terjadi dalam jangka waktu singkat maupun lama.
3. Tidak menimbulkan kerugian pada kedua belah pihak.
Ciri-ciri simbioisi mutualisme yang paling mencolok adalah terjadinya interaksi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Itulah penjelasan dari topik kali ini semoga bisa membantu teman-teman dalam proses belajar.
Jika artikel ini bermanfaat bantu share ke yang lain.

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon