Sunday, October 29, 2017

Ciri - Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus | Penjelasan, Manfaat (Lengkap)

Ciri - Ciri kaktus - Selamat datang sobat di blog sederhana lokerilmu ini, pada pertemuan kali ini kita akan membahas menegenai ciri - ciri pada tumbuhan kaktus.  Pasti kalian sudah mengetahui seperti apa bentuk dari katus tersebut, pada umumnya tumbuhan kaktus ini memiliki duri pada seluruh badannya dan saat tumbuh hanya bisa bercabang.  Tumbuhan kaktus ini memiliki keunikan sendiri, bisa kita lihat dari bentuk daun yang berupa duri, batang yang berlapis lapis, tempat ia hidup yang dominan panas dan sedikit air sepanjang tahun  Oke, untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Kaktus adalah sebuah nama untuk tumbuhan yang tergolong dalam anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Tumbuhan kaktus dapat hidup di daerah yang minim air seperti di gurun pasir, dan kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air hal ini terjadi karena batang kaktus memiliki banyak kandungan air, hal inilah yang menyebabkan kaktus dapat hidup di tempat yang minim air. Tumbuhan kaktus memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.

Habitat

Habitat asli tumbuhan kaktus adalah tempat - tempat yang cenderung memiliki panas lebih tinggi dan di mana tempat tersebut hanya mempunyai sedikit persediaan air sepanjang tahun dan juga tempat tersebut jarang turun hujan. Oleh sebab itu tumbuhan kaktus lebih mudah di jumpai pada tempat yang minim air.

Baca juga : 16 Contoh Teks Eksplanasi | Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Ciri - ciri Tumbuhan Kaktus

1. Daun hanya berbentuk duri : Hal ini sangat menguntungkan bagi tumbuhan yang berjenis seperti kaktus, karena daun yang berbentuk duri ini mengurangi penguapan pada tumbuhan kaktus.
2. Batangnya lunak dan menggembung : Batang kaktus ini berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan air, jadi jangan heran jika kalain membelah tumbuhan kaktus akan mengeluarkan banyak air, tidak hanya sebagai tempat menyimpan cadangan air. Batang kaktus juga menjadi tempat berlangsungnya proses fotosintesis.
3. Akarnya banyak dan panjang : Tumbuhan kaktus memiliki akar yang hampir sama seperti pohon kelapa, fungsi dari akar ini adalah untuk mrncari sumber air yang nantinya akan di simpan di dadalam batang dan di gunakan untuk fotosintesis.
4. Kulit tubuhnya tebal dan keras : Tumbuhan kaktus memiliki kulit tubuh yang tebal yang berfungsi sebagai pelindung diri dari terpaan angin yang kencang contohnya seperti badai pasir pada tempat yang seperti gurun.
5. merupakan tumbuhan sukulen : Apa itu tumbuhan sekulen ? tumbuhan sekulen adalah tanaman yang mampu bertahan terhadap kekeringan karena biasanya bagian daun, batang atau akarnya memiliki jaringan yang mampu menyimpan air. Sumber lain menyebutkan arti tanaman sukulen adalah tanaman dengan daun atau batang yang tebal yang mampu beradaptasi dengan lingkungan kering.

Manfaat Tumbuhan Kaktus

Tanaman kaktus sendiri memiliki banyak manfaat bagi manusia di antaranya adalah sebagai berikut :
1. Kaktus Sebagai Memurnikan Air
2. Kaktus Sebagai Bahan Makanan
3. Kaktus Beguna Untuk Pengobatan
4. Kaktus Sebagai Penangkal Radikal Bebas
5. Menurunkan Kadar Kolesterol
6. Mengobati Diabetes
7. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh
8. Memurnikan oksigen
9. Anti mikroba
10. Meredakan nyeri reumatik
11. Mengobati iritasi kulit
12. Menjaga kesehatan otot
13. Mempercantik kulit

Baca juga : Sejarah Perumusan Naskah Sumpah Pemuda Kongres I dan II

Itulah pembahasan mengenai topik kita kali ini, semoga bermanfaat :)
Jika artikel ini bermanfaat bantu share agar orang lain juga ikut membaca:)

1 komentar so far

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon