Friday, March 30, 2018

Fungsi Lensa Mata, Kornea, Sklera, Pupil, Retina Dan Saraf Optik

Fungsi Lensa Mata, Kornea, Sklera, Pupil, Retina Dan Saraf Optik - apasih sebenarnya fungsi lensa mata ? mungkin dari kalian banyak yang bertanya tanya mengenai hal itu, pada postingan kali ini saya akan membahas fungsi lensa mata.

Sebenarnya sangat banyak fungsi dan kegunaan mata yang belum banyak kita ketahui, kami merangkum pengertian dan kegunaan lensa mata, organ dalam dan luar mata untuk sobat
Pengertian lensa mata. Lensa mata atau sering juga disebut kristalin adalah bagian mata yang terdapat di belakang pupil mata, yang berfungsi memfokuskan cahaya jatuh ke retina.
Fungsi organ luar mata :

  1. Bulu mata berfungsi menyaring cahaya yang akan diterima.
  2. Alis mata berfungsi menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
  3. Kelopak mata berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata.

Kegunaan organ dalam mata :

  1. Kornea : Fungsi utama kornea adalah untuk membiaskan cahaya. Kornea ini bertanggung jawab untuk memfokuskan sebagian besar cahaya yang masuk ke mata. Ini adalah bagian penting dari mata dan bertindak sebagai lensa terluar mata.
  2. Sklera : sklera dan kornea merupakan bagian mata yang tentunya memiliki fungsi berbeda, 2 bagian mata ini adalah jaringan yang mengandung fibril kolagen ikat yang tertanam dalam matriks extrafibrillar kaya proteoglikan.
  3. Pupil dan iris : pupil atau anak mata adalah pembukaan di tengah mata. Cahaya masuk lewat pupil dan diteruskan melalui lensa mata, yang memusatkan bayangan ke retina. Pupil terletak di belakang retina bagian tengah.
  4. Lensa mata : Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya pada retina. Fungsi lensa mata adalah mengatur fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat objek yang jauh (cahaya datang dari jauh), lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat objek yang dekat (cahaya datang dari dekat), lensa mata akan menebal.
  5. Retina atau Selaput Jala : Retina adalah selapis tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata vertebrata dan cephalopoda. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Retina memiliki sel fotoreseptor ("rods" dan "cones") yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian mengalami proses rumit yang dilakukan oleh neuron retina yang lain, dan diubah menjadi potensial aksi pada sel ganglion retina
  6. Saraf optik : Saraf Optik adalah bagian mata yang merupakan susunan saraf, berfungsi untuk menerima informasi visual (penglihatan) kemudian diteruskan ke otak.
itulah pembahasan mengenai Fungsi Lensa Mata, Kornea, Sklera, Pupil, Retina Dan Saraf Optik, semoga dapat membantu :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon