Thursday, December 14, 2017

12 Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambar dan Penjelasannya

contoh simbiosis komensalisme beserta gambar dan penjelasannya - selamat datang di loker ilmu , pada waktu kemarin kita sudh membahasa mengenai simbiosis dan . dan pada kali ini kita akan mengulas tentang simbiosis komensalisme untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.

Pengertian simbiosis komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah simbiosis atau interaksi yang berjalan pada 2 makhluk hidup atau organisme dengan jenis yang berbeda. Dimana pada simbiosis ini salah satu pihak akan diuntungkan dan pihak lainnya tidak dirugikan. Nah, berikut adalah contoh simbiosis komensalisme baik dari tumbuhan maupun hewan.

Contoh simbiosis komensalisme dan gambarnya 

1. Tumbuhan sirih (Piper betle) dengan tumbuhan inangnya

Contoh simbiosis komensalime yang pertama dapat kita temukan dalam interaksi sirih dan tanaman
inangnya. Tumbuhan sirih akan merambat mengikuti tanaman inangnya untuk memperoleh sinar matahari yang berguna untuk fotosintesis, sedangkan tumbuhan inangnya tidak memperoleh pengaruh apapun.

2. Ikan goby dengan bulu babi (Echinus esculentus)

Ikan goby bersembunyi di antara celah-celah bulu babi yang beracun untuk melindungi tubuhnya yang berukuran kecil dari serangan predator yang akan memangsa, sedangkan bulu babi tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan goby.

Baca Juga : 10+ Contoh Simbiosis Mutualisme dan Pengertiannya

3. Anggrek (Phalanopsis amabilis) dengan pohon mangga (Mangifera indica)

Tumbuhan anggrek bulan akan mudah tumbuh dan berkembang biak dengan menempel pada  pohon mangga agar mendapatkan sinar matahari, air, serta zat-zat yang dibutuhkan untuk fotosintesis. Akar anggrek akan menyerap air dan mineral dari luar kulit pohon yang ditumpanginya atau menyerap zat-zat anorganik dari kulit batang tumbuhan inangnya yang telah mengalami pelapukan, sedangkan untuk pohon mangga sendiri tidak memperoleh pengaruh apapun.

4. Tumbuhan Paku dengan Tumbuhan Jati

Pada tumbuhan paku yang melekat pada tumbuhan jati. Dimana tanaman paku akan melekat pada tanaman jati, hal ini dilakukan agar tumbuhan paku bisa mendapatkan sinar matahari untuk melaksanakan fotosintesis demi kelangsungan hidupnya. Tanaman jati sendiri yang dijadikan sebagai tempat menempelnya tentu tidak mendapatkan apa apa dari tumbuhan paku.

5. Ikan badut (Amphiprion percula) dengan Anemon laut (Stichodactyla gigantea)

Ikan badut akan terlindung dari pemangsanya karena hidup di antara tentakel-tentakel anemon. Anemon mengeluarkan zat racun yang dapat melukai ikan-ikan lain. Akan tetapi ikan badut tidak akan terluka karena kulitnya mengeluarkan lendir pelindung. Ikan badut akan terlindung dari musuhnya sedangkan anemon tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan badut. Oleh karena itu interaksi ikan badut dan anemon laut juga dapat digolongkan sebagai contoh simbiosis komensalisme.

Baca Juga  : 10 Contoh Simbiosis Parasitisme | Pengertian (Lengkap)

 

 6. Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya

Tanaman paku tanduk rusa merupakan tanaman yang unik terkecuali diamati dari faktor bentuk daunnya, perihal ini membawa dampak beberapa orang menjadikannya sebagai tanaman hias untuk ditanaman pekarangan tempat tinggal mereka. Jika diamati di dalam lingkungan kurang lebih kita, tentu dulu menyaksikan tanaman paku tanduk rusa yang melekat erat di pohon inangnya.

7. Ikan remora (Echeneida sp) dengan ikan pari (Himantura undulata)

Sama halnya dengan pola interaksi dengan ikan hiu, ikan remora menempel pada ikan pari dengan menggunakan sirip punggung yang telah berubah menjadi alat pengisap, jika ikan pari memperoleh mangsa maka ikan remora akan memperoleh sisa sisa makanan yang menempel pada ikan pari, sedangkan ikan pari tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan remora.

8. Udang dengan Timun Laut

Hubungan yang selanjutnya adalah interaksi antara udang (Lysmata grabhami) dengan mentimun laut (Cucumaria frondosa). Pada persoalan kali ini seekor udang akan mendekati timun laut dan hidup diatasnya agar bisa mendapatkan makanan yang berasal dari sisa makanan yang ada disekitar timun laut.Udang (Lysmata grabhami) dengan mentimun laut (Cucumaria frondosa)
Udang menunggangi mentimun laut untuk mengambil sisa sisa makanan, sedangkan mentimun laut tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan adanya keberadaan udang.

9. Ikan remora (Echeneida sp) dengan ikan hiu (Carcharhinus longimanus)

Ikan remora selalu menempel pada ikan hiu agar tetap aman karena ikan-ikan pemangsa takut pada ikan hiu, selain itu ikan remora juga akan lebih mudah mendapatkan makanan dari sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu sendiri tidak diutungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan remora.

10. Anggrek bersama dengan Pohon Randu

Samahalnya dengan pohon mangga tadi di mana anggrek menempel pada pohon randu untuk mendapatkan sinar matahari, air, serta zat-zat yang dibutuhkan untuk fotosintesis. Akar anggrek akan menyerap air dan mineral dari luar kulit pohon yang ditumpanginya atau menyerap zat-zat anorganik dari kulit batang tumbuhan inangnya yang telah mengalami pelapukan. dan dalam hal ini pohon randu tidak di rugikan.

11. Bakteri pembusuk dalam usus manusia

Bakteri pembusuk yang hidup pada usus besar manusia menyerap zat-zat makanan yang sudah tidak dicerna oleh tubuh manusia. Dalam hal ini, bakteri tersebut menjalankan contoh simbiosis komensalisme karena ia mendapatkan keuntungan, tetapi manusia yang ditumpanginya tidak mendapatkan pengaruh apapun.

Itulah pembahasan kita kali ini semoga sobat dapat terbantu :)
Jangan lupa share ya :)

1 komentar so far

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon