Wednesday, December 13, 2017

Ini Dia Tips Belajar Efektif dan Baik Namun Tetap Membuatmu Nyaman Katakan Tidak Pada Nilai Jelek

ini dia tips belajar efektif dan baik namun tetap membuatmu nyaman katakan tidak pada nilai jelek - selamat datang di Lokerilmu, sudahkan sobat pada hari ini belajar ? apa saja kendala yang kalian temukan dalam proses belajar tersebut ? pastinya banyak bukan , terutama masalah kemalasan apalagi untuk yang masih smp, hehehe.
Pada kali ini Lokerilmu akan membagikan sedikit tips dalam belajar apa saja itu ?? simak baik-baik ya ??

1. Memilih waktu belajar yang efektif

Ada beberapa cara dalam belajar terutama adalah pemilihan waktu yang tepat, biasanya belajar lebih mudah di lakukan pada jam-jam tertentu salah satunya dalah belajar di dini hari seperti saat jam 03.00 s/d 05.00 adalah waktu yang sangat tepat. Namun belajar pada jam segini di lakukan setelah tidur, dan alangkah baiknya diawali dengan shalat tahajud bagi para muslim. Belajar Pagi Hari Jam 06.00 s/d Jam 10.00 waktu belajar seperti ini sangat bagus untuk otak karena biasanya kita baru bangun tidur dan otak masih segar-segarnya untuk di gunakan. Dan ini sangat bagus untuk belajar. Di Indonesia dan di negara negara yang saya tahu juga sering menggunakan waktu seperti ini untuk waktu sekolah para pelajar, karena menurut beberapa yang saya dengar dan baca. Saat pagi hari otak belum sama sekali di gunakan setelah terbangun dari tidur yang nyenyak, dan otak sangat siap untuk digunakan dan otak masih cepat menerima pelajaran karena sebelumnya belum di isikan pelajaran. Di indonesia sebagian sekolahnya dimulai pada jam 7 hari.

2. Tentukan tujuan belajar dan target yang ingin di capai

Tentukan tujuan belajar, belajar untuk apa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa atau untuk tujuan apa? menentukan tujuan belajar akan membuat belajarmu bisa lurus di jalurnya dan tidak menggak-menggok. Tentukan target hidup yang ingin dicapai dari hasil belajar, misalnya nilai ulangan tinggi, nilai raport memuaskan atau lulus dengan prestasi. menentukan target hidup akan memberi motivasi agar belajar terus bersemangat. bila perlu tuliskan target hidup kalian sebagai cita-cita dan tempelkan di tempat yang bisa kalian lihat setiap hari.

3. Membuat jadwal belajar

Buatlah jadwal belajar dan taati jadwal itu. Buatlah jadwal jam berapa saja kalian harus belajar dan berapa lama kalian belajar. Belajar yang terjadwal akan menjadi pedoman harian bagi kalian untuk tetap belajar setiap hari tanpa absen, berikan sanksi diri jika kalian melanggarnya, misalnya dengan menggantinya di jam yang lain hari itu dengan durasi yang sama persis dan ditambah menghafal lima suku kata bahasa Inggris dan lain-lain. Ingat : singkat OK  tapi rutin, jangan SKSan. Belajar singkat tapi rutin jauh lebih baik dari sistem kebut semalam.

4. Jauhi hal hal yang berpotensi mengganggu

Jauhkan sejenak hal-hal yang berpotensi menimbulkan distraksi bagi konsentrasimu saat sedang belajar, seperti ponsel dan internet. Saya juga menyarankan untuk tidak mendengarkan musik saat sedang belajar, terutama musik dengan lirik. Multitasking adalah hal yang sangat dilarang saat belajar. Kemampuanmu fokus dan bekonsentrasi akan sangat menurun saat belajar sambil melakukan hal-hal yang lain. Jika kamu beralasan menggunakan musik untuk menghilangkan suara berisik di sekitarmu, lebih baik kamu mengalah dan angkat kakilah. Cari saja tempat yang lebih kondusif dan belajarlah di sana.

5. Jangan pernah menunda waktu belajar yang sudah direncanakan

Sangat mudah bagi Anda untuk menunda sesi belajar yang sudah ditentukan. Apalagi, jika Anda kurang berminat pada pelajaran tersebut. Siswa yang ingin berhasil tidak boleh menunda waktu belajar. Jika Anda menunda jadwal bejar, seterusnya Anda akan menjadi kurang efektif dalam menerima materi pelajaran.

6. Belajar di waktu yang sama

Selain perencanaan, belajar dengan rutin juga dapat memberikan efek positif dalam diri Anda. Ketika Anda belajar pada saat yang sama setiap hari, hal itu akan menjadi kebiasaan dalam hidup Anda, sehingga secara mental dan emosional lebih siap untuk belajar dan setiap sesi belajar akan menjadi lebih produktif.

7. Mulailah dengan subjek yang paling sulit terlebih dahulu

Carilah subjek pelajaran tersulit dan lebih membutuhkan upaya serta energi yang besar dalam menyelesaikannya. Setelah Anda menyelesaikan tugas tersebut, Anda akan lebih mudah untuk menyelesaikan sisa tugas. Percaya atau tidak, dimulai dengan pekerjaan yang paling sulit akan sangat meningkatkan efektivitas sesi belajar dan prestasi akademis Anda.

8. Nikmati proses belajarmu

Kondisikan dan nikmati, kondisikan ruang belajar kamu agar nyaman untuk belajar, atur sedemikian rupa sehingga meja, kursi, rak buku, dan lampu pada posisi yang pas untuk mendukung kenyamanan belajar, berikan hiasan yang membuat kamu nyaman dan senang berada disana, bermainlah dengan warna-warna yang cerah dan lembut untuk cat tembok dan furniture, kalau memungkinkan berilah tanaman hijau dalam pot yang cocok untuk indoor agar suasana segar dapat kau rasakan, setelah itu nikmati

9. Istirahat setelah 25 menit - 1 jam belajar

Istirahatlah, berikan rehat bagi diri kalian sendiri dari aktifitas belajar, misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar.

10. Kenali tipe belajar yang cocok

Kenali tipe belajarmu, kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai

11. Menulis ulang apa yang telah di pelajari

Tuliskan dan tandai, tuliskan hal-hal penting dari yang dipelajari dari buku sumber belajar dalam buku catatan, buatlah ringkasan atau kata-kata kunci, kalau perlu buat jembatan keledai agar mudah diingat. Tandai bagian yang penting dari buku sumber dengan tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat, kalau buku itu milik sendiri bisa menggunakan stabilo atau pensil warna, kalau ingin buku tetap bersih bisa menggunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan di halaman buku yang diinginkan

Itulah beberapa tips untuk sobat semoga bermanfaat :)
Jangan lupa share ya :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon