Sunday, October 29, 2017

Ciri - ciri khusus Teratai | Pengertian, Manfaat ( Lengkap)

Ciri - ciri khusus Teratai - Selamat datang di LokerIlmu .

Teratai adalah tumbuhan yang hidup dan mencari makan di atas air dan merupakan salah satu tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Di kalangan masyrakat indonesia di kenal dengan sebutan tanaman dari genus Nelumbo. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan water-lily atau waterlily.  tumbuhan ini sendiri biasa hidup pada permukaan air yang relatif tenang, tapi kok bisa di permukaan ? mungkin sobat bertanya mengenai hal itu, Mengapa teratai dapat hidup di permukaan karena daun yang di milikinya berada di permukaan air dan bentuk daun bundar atau bentuk oval yang lebar terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai, perlu kalian ingat bahwa permukaan pada daun teratai tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.  Namun, tangkai berada di dalam dasar air, Tangkai tanaman Teratai berasal dari rizoma yang letaknya berada di lumpur tempat ia hidup seperti pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun.

Baca Juga : Ciri khusus Kantong Semar | Manfaat dan Ciri Khusus

Ciri-Ciri
1. Memiliki daun yang berbentuk bundar atau oval, daunnya lebar, juga tipis dan terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai
2. Salah satu jenis tumbuhan yang mampu hidup di air. Agar dapat bertahan hidup didalam air, teratai mempunyai ciri khusus sebagai bentuk dari adaptasinya terhadap lingkungan di mana ia bertempat tinggal. Daun dan bunganya nampak indah mengapung di atas permukaan air. Meskipun daun dan bunganya mengapung, namun tangkai bunga berada di dasar air
3. Memiliki daun yang amat lebar di bandingkan bagian tubuh lainnya. Daun yang lebar pada teratai memiliki fungsi untuk menyerap sinar matahari sebanyak banayaknya untuk proeses fotosintesis,  daun yang lebar dapat memungkinkan untuk menyerap cahaya matahari dengan sangat optimal dan jika cahaya matahari dapat terpenuhi jalannya fotosintesis akan sangat cepat.
4. Mempunyai batang dan akar yang berongga, hal inilah yang dapat membuat teratai hidup mengambang di atas permukaan karena batang tberongga akan secara otomatis  tidak akan membuat tenggelam ke dalam air. Teratai memiliki batang dengan ruang udara kecil di dalamnya. Rongga-rongga udara ini fungsinya adalah untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Walaupun batang dan akarnya berada di dalam air, dengan adanya rongga-rongga udara pada batang, teratai tetap dapat bernapas.
5. Tangkai pada bunga teratai tumbuh tegak, sehingga bunga-bunga yang mekar dapat muncul dan menyembul keluar dari permukaan air.

Baca juga : Ciri - Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus

Manfaat
1. Menjadi tanaman hias di kolam sekaligus sebagai rumah untuk ikan ikan yang anda pelihara di kolam tersebut.
2. Dapat di manfaat untuk sebuah karya fashion hanya bagaimana cara kita mengolahnya saja.
3. Dapat berguna bagi ikan-ikan yang hidup di danau di mana teratai dapat di gunakan sebagai tempat bersembunyi dan mencari makan.

Itulah pembahasan dari topik kita kali ini.
Jika artikel ini bermanfaat maka bantu share agar yang lain dapat ikut membaca :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon