Sunday, November 26, 2017

Belajar Myob Versi 18 Part 1

Belajar Myob Versi 18 Part 1 - Selamat datang di loker ilmu, pada kali ini kita akan membahas mengenai sofware myob, apa sih itu mmyob ? oke akan saya jelaskan secara singkat mengenai sofware myob. Myob merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi yang secara khusus diciptakan dalam bidang akuntansi dan memfokuskan penggunaannya pada perusahaan jasa dan dagang, khususnya pengotomasisasian pembukuan secara cepat, lengkap dan akurat.

A. Membuka Program Myob Accounting 18
Berikut langkah-langkah untuk membuka program Myob Accounting 18 melalui sistem operasi windows 7/8/10 :
1. Klik tombol Start pada Windows Taskbar.

2. Pilih All Program, drag scrolbar ke bawah lalu klik pada folder Myob Acconting v 18, lalu pilih Myob Accounting v 18.

3. Jendela welcome to MYOB Accounting ditampilkan Terdapat lima tombol untuk mengakses program Myob, berikut fungsi dari kelima tombol tersebut :
a. Open, digunakan untuk membuka file yang telah dibuat.
b. Create, untuk membuat file atau data perusahaan yang baru.
c. Explore, untuk membuka file contoh yang telah disediakan oleh Myob.
d. What’s New, digunakan untuk melihat fitur-fitur baru pada Myob.
e. Exit, digunakan untuk mengakhiri atau menutup program Myob.

B. Membuat Data Perusahaan
Setelah membuka Myob Accounting 18, langkah selanjutnya adalah membuat data perusahaan. Sebagai contoh, kita akan menggunakan transaksi-transaksi yang terjadi pada perusahaan dagang.
Berikut data singkat mengenai perusahaan :
Nama Perusahaan : Mutiara Furniture
Alamat : Jl. Sinar Mentari No. 33 Palembang
Telp/ Fax : 0711 – 998877 / 998878
Email : mutiara@yahoo.com

Untuk membuat data perusahaan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Klik tombol Create. Tampil jendela Introduction Welcome to the MYOB New Company File Assistant. Klik tombol next untuk melanjutkan ke tahap pengisian data perusahaan.

2. Pada jendela Company Information, masukan data perusahaan.

3. Setelah selesai klik tombol Next. Jendela Accounting Information ditampilkan, Anda isi periode akuntansi yang akan digunakan perusahaan, dimulai dari tahun tutup buku (Current Financial Year) : 2011, bulan tutup buku (Last Month of Financial Year) : December, bulan awal pembukuan (Conversion Month) : January dan periode akuntansi yang digunakan (Number of Accounting Periods) : Twelve atau 12 bulan.

4. Setelah selesai klik tombol Next. Jendela Accounting Information ditampilkan, Anda isi periode akuntansi yang akan digunakan perusahaan, dimulai dari tahun tutup buku (Current Financial Year) : 2011, bulan tutup buku (Last Month of Financial Year) : December, bulan awal pembukuan (Conversion Month) : January dan periode akuntansi yang digunakan (Number of Accounting Periods) : Twelve  atau 12 bulan.

5. Klik tombol Next. Tampil jendela yang berisi informasi periode akuntansi sesuai pengaturan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Periksa kembali informasi yang ditampilkan, jika ada kesalahan klik tombol Back untuk memperbaikinya, jika tidak klik Next.

6. Klik Next pada jendela Account List, pilih cara atau metode pembuatan akun yang digunakan. Myob menyediakan tiga pilihan pembuatan akun yaitu :
a. I would like to start with one of the list provided by MYOB Accounting, artinya Anda akan menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB.
b. I would like to import to list of account provided by my accountant after I’m done creating my company file. Artinya Anda akan mengimpor daftar akun dari file lain.
c. I would like build my own account list once begin using MYOB, artinya Anda akan membuat sendairi daftar akun secara langsung.

7. Klik pada pilihan kedua lalu klik Next.

8. Tampil jendela Company File, yang berisi informasi likasi penyimpanan file data perusahaan yang baru saja dibuat. Standarnya file disimpan di dalam folder C:\Accounting18\Mutiara Furniture.myo.

9. Untuk mengubah lokasi penyimpanan file klik tombol Change, jika tidak klik tombol Next.

10. Proses pembuatan data perusahaan dijalankan. Setelah proses selesai, di dalam jendela Conclusion akan tampil informasi Congradulations! Yang berarti bahwa pembuatan data perusahaan telah sukses.

11. Untuk masuk ke menu utama Myob klik tombol Command Center.

12. Menu utama Myob Accounting 18 ditampilkan.

C.Area Kerja Myob Accounting 18
Setelah pembuatan data perusahaan selesai, maka akan tampil menu utama Myob Accounting 18 atau Command Center. Berikut ini uraian singkat tentang area dan fungsi dari Command center.
1. Baris Menu
Berisi menu-menu yang berfungsi untuk mengakses perintah-perintah pada Myob yaitu File,Edit, List, Command Centres, setup, dll.

2. Baris Judul
Menampilkan nama file yang sedang aktif, misalnya : Mutiara Furniture-Command Centre

3. Nama Modul dan Help
Menampilkan nama modul yang terpilih, misalnya ACCOUNT, dan simbol tanda tanya ( ? ) merupakan tombol Help atau bantuan yang akan menghubungkan Anda dengan jendela Myob Help.

4. Modul
Terdiri dari 6 modul yang berfungsi untuk mencatat seluruh kegiatan dan transaksi-transaksi perusahaan. Berikut ini uraian singkat tentang fungsi masing-masing modul.
a. Account
Digunakan untuk membuat daftar akun yang akan digunakan perusahaan, memasukan saldo awal akun serta mencatat transaksi jurnal umum.

b. Banking
Untuk mencatat transaksi-transaksi penerimaan kas, pengeluaran kas dan melakukan rekonsiliasi rekening koran bank.

c. Sales
Modul ini berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan secara tunai dan kredit, penerimaan pembayaran piutang serta mencatat transaksi retur penjualan.

d. Puchases
Digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian secara tunai dan kredit, pembayaran hutang dan mencatat retur pembelian

e. Inventory
Modul untuk mencatat semua informasi yang berhubungan dengan persediaan barang dagang, mengubah harga jual, menentukan metode pembebanan harga pokok penjualan, menghitung stock fisik persediaan serta melakukan penyesuaian persediaan.

Barang atau jasa yang dicatat pada modul ini meliputi : barang yang dibeli perusahaan dengan tujuan untuk dijual kembali, pembelian barang yang hanya digunakan untuk keperluan perusahaan, barang rakitan atau barang hasil penggabungan beberapa komponen serta jasa yang ditawarkan oleh perusahaan

f. Card File
Modul untuk mencatat dan menyimpan seluruh data customer, supplier dan karyawan perusahaan.

5. Command Button
Adalah bagan arus (flowchart) yang berisi menu-menu dari setiap fungsi atau modul.
_ Accounts
Menyediakan fitur :
Account List (untuk mancatat daftar akun), record Journal Entry (untuk mencatat jurnal ransaksi), Company Data Auditor (untuk mendeteksi adanya kemungkinan kesalahan saldo antara buku besar umum dengan buku besar pembantu), Transaction Journal (untuk menampilkan jurnal transaksi),dll

_ Banking,
Menyediakan fitur :
Spend Money, Receive Money, Prepare Bank Deposit, Bank Register, Reconcile Account, Print Cheque.

_ Sales
Menyediakan fitur Sales Quote, Order, Invoice, Sales Return, Receive Payment,
Print Invoice, Print Statement.

_ Purchases
Menyediakan fitur Purchase Quote, Order, Bill, Purchase Return, Pay Bill, Print Purchase Order, Print Cheque.

_ Inventory
Menyediakan fitur Item Register, Item List, Set Item Price, Count Inventory,
Inventory Adjustment, Inventory Transfer, Auto Build Inventory.

_ Card File

6. Command Panel
Kumpulan menu yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan transaksi yang telah di input ke dalam Myob. Terdiri dari 4 menu pilihan yaitu :

1. To Do List
Kumpulan daftar perintah untuk transaksi-transaksi yang memerlukan tindak lanjut seperti pencatatan transaksi berulang.

2. Find Transaction
Berfungsi untuk melihat ringkasan transaksi yang telah di input pada setiap fungsi seperti Account, Card, Item, Invoice, Bill, Category dan Job.

3. Reports
Berisi daftar laporan yang tersedia di Myob, seperti laporan laba rugi, neraca, ekuitas, inventory dan lain-lain.

4. Analysis
Option ini digunakan untuk melihat analisis aspek bisnis perusahaan seperti analisa Assets, Liability, Equity dan analisa laporan lainnya.

D. Mengakhiri Program Myob Accounting 18
Untuk menutup program Myob Accounting 18, ikuti langkah-langkah beerikut ini :
1. Dari menu utama Myob, klik menu File lalu pilih Exit.

2. Tampil jendela yang menanyakan apakah Anda akan membuat backup untuk file perusahaan ini.

3. Pilih No jika Anda tidak ingin menyalin (backup) data Anda. Program Myob akan langsung tertutup.

4. Jika Anda ingin melakukan backup data, pilih Yes.

5. Tampil jendela Myob Company File backup. Pilih Back up all data. Lalu aktifkan pilihan Check Company File for errors, klik Continue.

6. Setelah proses pemeriksaan file selesai maka akan tampil jendela informasi yang memberitahukan bahwa tidak ada kesalahan pada file data perusahaan. Klik Ok.

7. Kotak dialog Backup ditampilkan. Secara otomatis file akan tersimpan di dalam drive C:\Accounting18\Backup. Pada kolom File Name terisi dengan nama MYOB diikuti data bulan dan tanggal saat ini.

8. Klik tombol Save.

9. Proses penyimpanan file dijalankan. Setelah selesai program Myob Accounting akan tertutup

Itulah beberapa ulasan mengenai Belajar Myob Versi 18 Part 1 nantikan untuk part ke 2 nya :)
Jangan lupa share ya :)
source : MYOB 18 SMKN 10 PANDEGLANG

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon