Tuesday, March 27, 2018

50+ Contoh Teks Anekdot

50+ Contoh Teks Anekdot - Apa sih sebenarnya teks ankdot itu ?? Mungkin kalian sudah sering mendengar ungkapan kata tersebut namun belum paham juga, ! tapi hal tersebut sudah saya bahas pada artikel Teks Anekdot | Ciri - Ciri, Struktur, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan.

Pada artikel ini kita hanya akan membahas mengenai contoh teks anekdot mulai dari contoh teks anekdot sindiran, teks anekdot politik sampai contoh teks anekdot panjang.

Berikut adalah contoh teks anekdot :

Contoh Cerita Anekdot Pendek

Di suatu hari yang cerah, sebab mumpung sedang terang mataharinya, ada percakapan yang tidak terlalung penting antar guru dengan muridnya.

Murid : Ibuuuu guru, bu guru diperbolehkan tidak yah di hukum sebab perbuatan yang belum dikerjakannya?

Ibu Guru : Iya tidak boleh loh nak, seseorang itu baru bisa dikasih hukuman jika dia sudah mengerjakan kesalahan.

Murid : Terima kasih banget, saya belum menyelesaikan PR soalnya buuu ?

Ibu Guru : O000… dasar murid Ed****!


Contoh Cerita Anekdot Lucu
contoh cerita teks anekdot lucu
mediagame.com

Diceritakan ada sebuah keluarga yang bahagia dan di dalam keluarga tersebut terdapat sepasang kaka beradik yang pergi hendak berkebun, tetapi tiba-tiba mereka dengan terburu-buru pulang rumah.

Kakak : Ma, tolong ini darurat, adik tertelan kecoa mahh !!

Mamah : Astaga, kok bisa terjadi sih kak !! Bagaimana kronologinya? Segera kamu panggil ayah agar ayah membawa dokter ke sini.

Kakak : Oh jika gitu tambah jadi masalah lagi bu, tunggu sebentar saja kecoanya mati, karena kakak udah beri adik racun serangga tadi ?

Yang ada si adik malah wafat kelles wkwk …

Contoh Cerita Anekdot Singkat Tentang Sedekah
contoh teks anekdot tentang sedekah
hadiwibowo.com

Dikisahkan pada suatu cerita seorang pengemis tua yang lagi meminta sedekah ke seorang anak muda, anggap saja seorang mahasiswa.

Pengemis : Mas, bapak minta sedekahnya …

Mahasiswa : (Dengan menggigit HP kemudian ia membuka dompet dan mengambil uang 10 ribuan) ini pak, kembaliin 5 ribu yah pak.

Pengemis : Ini mas kembaliannya, dengan menjulurkan mangkuk yang isinya uang.

Mahasiswa : Loh pak, ko’ ini duitnya 7 ribu ?

Pengemis : Tidak apa apa mas, itung-itung saya juga sedekah ke mas ?

Contoh Teks Anekdot Bahasa Jawa
contoh teks anekdot bahasa jawa
youtube.com
Mboten Ngertos

Ada dua sosok pemuda asal Sumatera yang sedang melakukan perantauan menuju Pulau Jawa. Mereka berdua ialah Angga dan Shafira. Angga mengerti betul bahasa Jawa dan Shafira sama sekali mengerti bahasa Jawa.

Di suatu hari mereka jalan jalan disekeliling rumah kontrakan mereka.

Shafira : “Wow, Indah sekali rumahnya, besar bertingkat juga. Siapa gerangan yang punya rumah ini ?”

Angga : “Mboten Ngertos”

Shafira : “Oohh … punya dia mboten ngertos”

Shafira mengamati mobil-mobil yang berbaris dan terparkir di depan sebuah gedung besar, kemudian dia  bertanya kembali ke Angga.

Shafira : “Wah kalau mobil mewah tersebut milik siapa ? banyak amat mobilnya.”

Angga : “Mboten ngertos”

Shafira : “Mboten ngertos hebat banget yah, jika begitu aku mau ah berguru dengan mboten ngertos saja.”

Tak lama hanya beberapa menit, lalu mereka berjalan ke arah gang kecil dan mendapati keramaian.

Shafira : “Siapa yang meninggal Ngga ?”

Angga : “Mboten ngertos.”

Shafira :”Yak, jika begitu saya gak jadi deh berguru ke mboten ngertos dong ?”

Akhirnya mereka berdua balik pulang ke rumah dan Arya pun memberitahukan akan arti sebenarnya“mboten ngertos”. Saat tahu artinya, mereka pun tertawa bersama-sama.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan
contoh teks anekdot pendidikan
via blogspot.com
Fasilitas Kantin Sekolah

Di suatu hari, di suatu sekolah lebih tepatnya di dalam kelas, ada sesosok guru yang lagi mengabsen anak-anak muridnya sebelum mengawali pelajaran.

Guru : “Septi ?”

Dina : “Hadir bu!”

Guru : “Agung?”

Dina : “Tidak tahu bu, paling Doni masih berada di luar kelas bu!”

(Tidak lama kemudian, datanglah Doni masuk ke dalam kelas)

Doni : “Minta izin bu, apakah boleh saya masuk kelas ?

Guru : “Kamu habis dari mana saja Doni ?”

Doni : “Saya Baru saja membeli makanan di luar sekolah bu”

Guru : “Looh, kita kan memiliki kantin sendiri. Terus ngapaian kamu perlu kesana ?”

Doni : “Iya bu, namun kantinnya mirip gudang, sudah kotor dan kecil amat.”

(Seluruh murid pun akhirnya tertawa menyimak perkataan Doni tersebut)

Guru : “Kamu itu, mendingan di sekolah ini memiliki kantin, namun kamu ada betulnya juga sih. Karena memang kantin di sekolahan kita agak kurang sadar tentang menjaga kebersihannya.”

Mendengar masalah tersebut, kelas kembali lagi ke aktifitas belajar mengajar dan lalu ibu guru bikin jadwal piket buat kantin dan meminta kepala sekolah supaya memperbaiki kantin tersebut.

Contoh Teks Anekdot Kesehatan
contoh teks anekdot beserta strukturnya
penulispro.com
Obat Sakit Kepala

Abstraksi

Pada suatu hari di bulan puasa, sesosok kakek hidup bersama dengan cucunya yang lagi asyik melihat televisi.

Orientasi

Seperti biasa si kakek lagi menonton acara kesukaannya, yakni “Ganteng Ganteng Serigala”. Di tiap dua puluh menit sekali selalu terdapat iklan, salah satu iklan yang muncul ialah iklan obat sakit kepala. Pada Iklan tersebut menerangkan kalau obat tersebut bisa diminum kapan saja.

Krisis

Lagi asyik-asyiknya melihat televisi, mendadak ada rasa sakit di kepala si kakek tersebut. Si kakek kemudian manggil cucunya yang sedang asyik main di kamar supaya membelikannya  obat sakit kepala.

seusai cucunya tiba di rumah, langsung saja kakek minum obat tersebut.

Reaksi

Si cucu yang mengamati kejadian tersebut kemudian bertanya kepada si kakek “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?”

Koda

Dengan tidak ragu-ragu dan seperti tidak merasa berdosa, Sang kakek pun menjawab “Itulah hebatnya bodrex cu, bisa diminum kapan saja !:D!”.

Contoh Teks Anekdot Politik
contoh teks anekdot politik
tempo.com
Baju Tahanan KPK

Abstraksi

Dua orang kader parpol panggil aja namanya Angga dan Abdillah. Mereka sama-sama ingin mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Orientasi

Seusai memberikan berkas pencalonannya ke KPU di wilayahnya, Angga dan Abdillah pun berbincang bincang disertai dengan menyeruput kopi di kantin gedung itu. Mereka terlihat sedang melakukan perbincangan yang seru.

Krisis

Angga: “Di, di negara kita ini sebagian besar politisi sudah banyak yang kaya raya!”

Abdillah : “Jika permasalahan tersebut aku pun juga sudah tahu, Ngga!”

Angga : “Begitu kayanya mereka, mereka bahkan sanggup memiliki baju paling mahal di Indonesia.”

Abdillah : “Looh, maksud kamu apa itu baju termahal  ?”

Angga : “Yaah, apalagi jika bukan baju tahanan KPK.”

Reaksi

Abdillah : “Loh, kok baju tahanan KPK sih ?” (Bingung)

Arya : “Ya iya dong, coba saja kamu pikir, seorang politisi sekurangnya-kurangnya perlu mencuri uang negara 1 milyar terlebih dulu, baru dapat mengenakan baju tersebut.”

Abdillah : “Owh, maksud kamu gitu toh, baru dong aku.”

Koda

Mereka lalu memesan kopi lagi disertai mengingat kembali teman-teman mereka yang telah mampu untuk memakai baju termahal tersebut.”

Contoh Teks Anekdot Hukum
contoh teks anekdot lucu
via blogspot.com
Mencuri Sandal

Abstraksi

Di suatu pagi, Angga lagi asyik menyantap soto di warung makan favoritnya. Seusai merasa kenyang, Angga langsung berdiri dan bergegas pulang.

Orientasi

Di tengah tengah berpergian untuk pulang, Angga tertimpa musibah berupa kecelakaan karena kena serempet sepeda motor yang lagi ugal-ugalan. Akibat kecelakaan itu, akhirnya putus sandal Angga.

Secara terpaksa Angga berjalan kaki dengan tidak disertai memakai sandal. Dikarenakan jarak rumahnya yang jauh, akhirnya dia memilih mau berkunjung ke toko terdekat buat membeli sandal. Namun, apa buat, jumlah uang di dompetnya tidak cukup.

Krisis

Karena jumlah uang tak cukup, Angga akhirnya memiliki niatan buat menggosop sanda di masjid yang lokasinya cuma beberapa meter dari toko sandal tersebut. Angga akan menggosop sandal paling bagus yang terdapat di masjid tersebut.

Dengan duduk di teras masjid, ia sambil juga melihat tiap orang yang akan memasuki ke masjid. Sehingga nantinya saat incarannya sedang sibuketika targetnya sibuk beribadah ia segera mengambil sandal tersebut.

Ternyata aksinya berlangsung dengan tanpa adanya hambatan, Angg sukses memperoleh sandal yang warnanya hitam dan merupakan sandal yang paling bagus dari masjid itu. Tidak terduga, si pemilik mengetahui kalau Angga sudah menggosop sandalnya.

Langsung saja, secara spontan si empunya berteriak dan mengejar Arya. Malang betul si Angga, perutnya yang buncit bikin dia tak mampu untuk lari kencang. Angga pun akhirnya di tangkap dan di bawa ke kantor polisi.

Seusai dilaksanakan penyelidikan, Angga di jatuhi hukuman disertai pasal pencurian, lalu kasusnya akan disidangkan satu minggu kembali. Malang banget si Angga, cuma perkara sepele saja bisa bikin dia dibawa di hadapan meja hijau.

Reaksi

Akhirnya tiba juga Hari persidangan, Angga berada di kursi tersangka disertai muka yang tertunduk.

Hakim : “Baiklah, Angga, umur 23 tahun, sudah terbukti ketahuan mencuri sandal yang berharga 30.000 rupiah. Oleh sebab itu, anda akan dikenai hukuman untuk 5 tahun penjara.”

Angga : “looh?! Pak, ini tak adil bagi saya, kenapa hukuman saya sangat lebih berat daripada dengan para koruptor ?”

Koda

Lalu hakim menjelaskan ke si Angga, bahwa ia mencuri sendal, maka dia merugikan seseorang dengan nilai 30.000 rupiah saja. Sementara para koruptor melakukan korupsi duit 2 miliar, maka ia sama saja merugikan 200 juta rakyat Indonesia.

Nah jika dihitung-hitung, koruptor cuma bikin rugi 10 rupiah saja masing masing orang. Sehingga kerugian karena aksi yang dikerjakan oleh Arya lebih gede dibandingkan aksi yang dikerjakan oleh para koruptor.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya
teks anekdot layanan publik
pricearea.com
Beo Nakal

Citra, Sassi dan Shafira saling bertetangga dan sering bersama-sama berangkat menuju kantor. Untuk sampai jalan raya agar bisa naik kendaraan umum, mereka diharuskan melalui suatu gang yang diantara rumah tersebut terdapat peliharaan burung beo.

Tiap kali tiga perempuan tersebut melalui depan rumah orang yang memiliki peliharaan beo, selalu saja si burung beo bilang tiga warna. Sassi mulai merasa curiga kalau burung beo tersebut sudah tahu akan warna celana dalam mereka bertiga.

Untuk memastikan hal tersebut betul atau tidak, mereka mengadakan kesepakatan buat mengenakan warna celana dalam yang sama.

Di esok harinya mereka kembali melalui gang tersebut, si beo mengucapkan “Hitam, hitam, hitam.” Ketiga perempuan itu terkagum kagum dan tercengang. Di hari selanjutnya, secara tepat juga si beo mampu menebak warna celana dalam mereka seraya mengatakan “Pink, pink, pink.”

Citra memiliki siasat yang agak konyol. “Bagaimana jika besok kita tak sama sekali mengenakan celana dalam ? Coba, Akan berkata apa si beo usil itu ?” Di esok harinya saat mereka melewati kembali, si beo di dalam sangkarnya tersebut mondar-mandir kayak kebingungan.

Citra dan teman-temannya tersebut mulai tertawa sebab dapat ngerjain burung beo yang suka usli tersebut. Namun tertawa mereka tidak langsung lama, karena si beo bilang, “lurus, lurus, keriting.”

Contoh Teks Anekdot Lucu
contoh teks anekdot sosial
moslemforall.com
Tukang Roti

Di suatu hari, datang tukang roti yang melalui depan rumah, kemudian teman ane si enggal memanggil dia. Tak lama, datanglah tukang roti itu mendekati kita yang sedang istrirahat santai di taman depan rumah.

Enggar : “Adanya Roti jenis apa saja bang ?”

Tukang Roti : “Bisa bermacam maca, dek.”

Enggar : “Terus bang, roti ini apa yah rasanya ?”

Tukang Roti : “Roti ini coklat dek rasanya.”

Enggar : “Kalo roti ini rasa apa bang ?”

Tukang Roti : “roti rasa strawberry dek.”

Enggar : “kalo ini rasa apa bang ?”

Tukang Roti : “ini rasa nanas dek.”

Enggar : “Loh, terus mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan terus ? memangnya abang jual apa sih, roti atau buah ? Jika kaya begini ane gak jadi jadi beli bang”

Tukang Roti : *Hening*

Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.

Struktur Bagian-Bagian dari Teks Anekdot berjudul Tukang Roti :
Abstraksi : Di suatu hari, datang tukang roti yang melalui depan rumah,
Orientasi : kemudian teman ane si enggal memanggil dia
Krisis : “Loh, terus mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan terus ? memangnya abang jual apa sih, roti atau buah ? Jika kaya begini ane gak jadi jadi beli bang”
Reaksi : *Hening*
Koda : Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.
Kesetrika

di suatu pagi yang masih cerah, muncul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit karena kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.

Doker : “looh, ada apa yang terjadi dengan telinga anda pak?”

Pasien : “begini dokter ceritanya, sebelumnya saya lagi menyetrika baju, nah, ketika saya lagi  menyetrika baju, secara mendadak telpon saya bunyi dan mendering. Sebab reflek, akhirnya ketika saat itu saya lagi memegang setrika, langsung saja saya tempelkan ke telinga kiri saya dok.”

Dokter : “oh, begitu toh ceritanya, saya mengerti keluhan  bapak, kemudian untuk telinga bapak yang sebelah kanan itu apa yang terjadi?”

Pasien : “Nah ini dia masalahnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon.”

Bagian-Bagian Struktur dari Teks Anekdot Kesetrika :
Abstraksi : Di suatu pagi yang cerah
Orientasi : muncul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit karena kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.
Krisis : “begini dokter ceritanya, sebelumnya saya lagi menyetrika baju, nah, ketika saya lagi  menyetrika baju, secara mendadak telpon saya bunyi dan mendering. Sebab reflek, akhirnya ketika saat itu saya lagi memegang setrika, langsung saja saya tempelkan ke telinga kiri saya dok”
Reaksi : “oh, begitu toh ceritanya, saya mengerti keluhan  bapak, kemudian untuk telinga bapak yang sebelah kanan itu apa yang terjadi?”
Koda : “Nah ini dia masalahnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon.”
 Demikianlah pembahasan mengenai 50+ Contoh Teks Anekdot semoga dapat membantu sobat.

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon