Wednesday, March 28, 2018

26+ Fungsi Hati Manusia : Struktur Dan Bagian - Bagian Hati

gambar hati
Fungsi Hati Manusia : Struktur Dan Bagian - Bagian Hati  - Hati atau dengan bahasa lainnya
adalah liver merupakan suatu kelenjar yang terdapat di dalam tubuh yang paling besar dengan ciri cirinya yaitu bentuknya seperti baji dengan warnanya yang merah kecoklatan dengan berat sekitar 1,4 s/d 1,6 kg. Kelenjar ini terletak di bawah rongga perut di sebelah kanan yang deket dan juga dibawah diafragma. Kelenjar hati ini memiliki fungsi atau kedudukan yang sangat vital, tanpa hati makhluk hidup khususnya manusia tidak akan dapat untuk hidup maupun bertahan hidup karena hati ini dapat mengatur sirkulasi tubuh.

Fungsi Hati

Hati sendiri berperan penting bagi tubuh dan memiliki fungsi sebagai berikut.

Beberapa fungsi-fungsi adalah untuk:

  1. Pembuatan (mensintesis) protein, termasuk albumin (untuk membantu mempertahankan volume darah) dan faktor pembekuan darah
  2. Mensintesis, menyimpan, dan proses (memetabolisme) lemak, termasuk asam lemak (digunakan untuk energi) dan kolesterol
  3. Metabolisme dan menyimpan karbohidrat, yang digunakan sebagai sumber untuk gula (glukosa) pada darah yang sel darah merah dan penggunaan otak
  4. Membentuk dan mengeluarkan empedu yang mengandung asam empedu untuk membantu dalam penyerapan usus (mengambil dalam) lemak dan vitamin A yang larut dalam lemak, D, E, dan K.
  5. Menghilangkan, dengan metabolisme dan / atau mengeluarkan, produk yang berpotensi membahayakan biokimia yang diproduksi oleh tubuh, seperti bilirubin dari pemecahan sel darah merah tua, dan amonia dari pemecahan protein
  6. Detoksifikasi, dengan metabolisme dan / atau mengeluarkan, obat-obatan, alkohol, dan racun lingkungan
Sekresi Birubilin berfungsi sebagai pemberi warna pada feses dan juga urine kita hal ini lah yang dapat menentukan  kesehatan dari hati kita.
  1. Pembentukan Sel Darah Merah tubuh sangat membutuhkan hati untu memproduksi sel darah merah karena sel darah merah inidalam hitungan bulan akan hancur sehingga dibutuhkan hati untuk membentuk sel darah merah yang baru.
    1. Membuat Protein Flasma
    2. Mengontrol Sirkulasi Tubuh
    3. Menyempurnakan Eritrosit
    4. Menyimpan Mineral
    5. Menyimpan Glikogen
    6. Hati juga memiliki fungsi untuk menyimpan glikogen atau yang sering di sebut dengan gula otot, Gula otot bisa ada karena hasil dari perubahan yang terjadi antara glukosa sendiri. Glukosa yang di sebabkan karena hormon insulin, jadi hati juga di gunakan untuk mengontrol kadar gula darah.
    7. Menghindari Penggumpalan Darah
    8. Menghindari adanya penggumpalan darah yaitu dengan dilakukannya proses atau cara untuuk mengeluarkan protrombin dan juga fibrinogen
    9. Mengubah Zat Makanan
    10. Zat makanan diubah sesuai kegunaannya. Selain itu fungsi hati juga di gunakan sebagai pengubahan zat makanan yang terjadi pada tubuh manusia dan diaborsi pada usus manusia selanjutnya disimpan pada suatu tempat yang berada di dalam tubuh manusia
    11. Menghasilkan Cairan Empedu fungsi hati yang satu ini yaitu untuk membantu empedu dalam menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu ini di hasilkan dari sel darah merah pada tubuh manusia dan yang sudah di olah di dalam hati manusia. Cairan empedu pada tubuh manusia juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk megemulsikan lemak yang berada di makanan. Kantong empedu ini juga bisa memberikan setengah liter setiap hari nya. Empedu pada tubuh manusia memiliki warna hijau dan memiliki  rasa yang pahit.
    12. Membuang Zat Berbahaya (Kolesterol)
    13. Mengontrol Sirkulasi Hormon
    14. Mengontrol Asam Amino
    15. Kekebalan Tubuh
    16. Membasmi Antigen dan Mikroorganisme
    17. Menghasilkan Zat Imun
    18. Mengontrol Komposisi darah sesuai dengan Kandungan nya.
    19. \Menyimpan Hermatin
    20. Mengeluarkan Glukosa jika dibutuhkan
    21. Pembentukan sel darah merah saat berada di dalam janin
    22. Pembentukan urea
    23. Menyimpan Vitamin yang larut lemak
    24. Menghasilkan protrombin dan fibrinogen.


    Struktur Dan Bagian Bagian Hati

    Hati terdiri dari lobus. Ada dua lobus utama – lobus kanan, yang jauh lebih besar, dan lobus kiri. Dua lobus kecil terletak di belakang lobus kanan. Setiap lobus terdiri dari unit multi-sisi yang disebut lobulus. Sebagian hati memiliki antara 50.000 dan 100.000 lobulus.

    Setiap lobulus terdiri dari vena sentral yang dikelilingi oleh sel-sel hati kecil dikelompokkan dalam lembaran atau bundel. Rongga sinusoid dikenal sebagai memisahkan kelompok sel dalam sebuah lobulus. Sinusoid memberikan hati tekstur kenyal dan memungkinkan untuk menyimpan sejumlah besar darah.

    Seperti organ tubuh lainnya, hati menerima darah yang mengandung oksigen dari jantung. Darah ini memasuki hati melalui arteri hepatik. Hati juga menerima darah penuh dengan nutrisi, atau partikel makanan yang dicerna, dari usus kecil. Darah ini memasuki hati melalui vena portal. Dalam hati, arteri hepatik dan cabang vena portal ke dalam jaringan pembuluh darah kecil yang bermuara di sinusoid.

    Sel-sel hati menyerap nutrisi dan oksigen dari darah mengalir melalui sinusoid. Mereka juga menyaring limbah dan racun. Pada saat yang sama, mereka mengeluarkan gula, vitamin, mineral, dan zat lainnya ke dalam darah. Sinusoid mengalir ke vena sentral, yang bergabung membentuk vena hepatika. Darah meninggalkan hati melalui vena hepatika.

    Setiap lobulus juga mengandung kapiler empedu, tabung kecil yang membawa empedu yang disekresikan oleh sel-sel hati. Kapiler empedu bergabung untuk membentuk saluran empedu, yang membawa empedu dari hati. Segera setelah meninggalkan hati, saluran empedu bergabung bersama, membentuk duktus hepatika. Hati memproduksi empedu terus menerus, bahkan jika usus kecil tidak mencerna makanan. Kelebihan empedu mengalir ke kandung empedu, di mana disimpan untuk digunakan nanti. Empedu dari hati dan kandung empedu mengalir kedalam usus kecil melalui saluran empedu.
    Hati adalah organ padat terbesar dalam tubuh. Hati sebenarnya adalah dua jenis kelenjar. Ini adalah kelenjar sekresi karena memiliki struktur khusus yang dirancang untuk memungkinkan untuk membuat dan mengeluarkan empedu ke dalam saluran empedu. Hal ini juga merupakan kelenjar endokrin karena itu membuat dan mengeluarkan bahan kimia secara langsung ke dalam darah yang memiliki efek pada organ-organ lain di dalam tubuh. Empedu merupakan cairan yang baik membantu dalam pencernaan dan penyerapan lemak serta membawa produk-produk limbah ke dalam usus.
    Ada segala macam kelenjar dalam tubuh yang membuat dan mengeluarkan zat, termasuk pankreas (enzim pencernaan), tiroid dan kelenjar endokrin lainnya (hormon), kelenjar lambung di perut (asam), dan kelenjar getah bening atau kelenjar (kelenjar getah bening).

    Berikut adalah ringkasan dari bagian bagian hati : 
    1. Lobus kiri dan kanan
    2. Vena hepatica
    3. Pembuluh darah yang berfungsi dalam mengangkut darah terdeoksigenasi dan darah yang telah disaring oleh hati ialah darah dari lambung, usus kecil, usus besar, pankreas ke vena kava inferior.
    4. Vena Sentralis
    5. Pada bagian tengah tiap lobules, vena bergabung menjadi vena yang lebih besar dan membentuk vena hepatika dan selanjutnya menuju ke dalam vena kava interior.
    6. Lakuna
    7. Ruangan yang memisahkan antara satu lobules dengan lobulus lainnya.
    8. Diafragma
    9. Membrane otot yang memisahkan dada dari perut.
    10. Kantung Empedu
    11. Bagian dari sistem empedu yang berfungsi dalam reservoir penyimpanan untuk empedu.
    12. Arteri Hepatika Sebuah arteri yang berfungsi dalam mendistribusikan darah ke hati, pankreas dari empedu serta lambung bagian duodenum dari usus halus.
    Sumber :
    • http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-hati-beserta-fungsi-dan-bagian-bagiannya/
    • https://dosenbiologi.com/manusia/fungsi-hati-dalam-tubuh-manusia
    Demikian lah pembahasan mengenai 26+ Fungsi Hati Manusia : Struktur Dan Bagian - Bagian Hati semoga dapat membantu

    1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
    2. Komentar di larang mengandung spam.
    3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
    EmoticonEmoticon