Saturday, November 18, 2017

Pengertian pidato | Manfaat, Tujuan, Fungsi, Metode, Struktur Beserta Contoh Singkat

Pengertian pidato | Manfaat, Tujuan, Fungsi, Metode, Struktur Beserta Contoh Singkat - Selamat datang di Loer Ilmu, Hay sobat loker, pada kali ini kita akan sedikit membahas mengenai Pidato, Sudah sering melihat orang berpidato? Kelihatannya sih mudah dalam melakukannya dan tanpa perlu belajar, Namun ternyata tidak semudah itu juga, dalam berpidato kita juga harus punya mental yang kuat itu adalah modal utama kita , untuk lebih jelasnya simak simak di bawah ini.


Pengertian Pidato


Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Metode Ber Pidato

Pada cara kita membawakan pidato di bedakan menjadi 4, antara lain :
1. Metode serta merta atau spontanitas
Berdasarkan kebutuhan sesaat, tanpa persiapan yang cukup. Metode ini juga berdasarkan kemampuan dan kemahiran pembicara serta apa adanya. Metode ini biasanya dipakai dalam keadaan yang mendadak atau darurat.

2. Metode menghafal
Pada metode kali ini dilakukan dengan persiapan yang matang. Materi yang akan disampaikan dihafal terlebih dahulu sebelum akhirnya disampaikan kepada banyak orang. Metode ini biasanya dilakukan ketika acara pidato sudah direncanakan dengan baik.

3. Metode naskah
Pada saat berpidato kita akan membawa naskah yang didalamnya berisikan teks pidato yang dipersiapkan.

4. Metode ekstemporan
Metode terakhir adalah metode ekstemporan pada metode ini penyampaian dilakukan dengan mengandalkan kemampuan berbicara dengan hanya menyiapkan poin-poin pokok yang akan dikembangkan.

Struktur Pidato

Struktur teks pidato terdiri atas 3 bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir isi pidato. Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah teks pidato.

1. Pembukaan
Pada teks pidato, pembukaan terletak pada paragraf paling awal dan biasanya dalam pembukaan tersebut berisikan ucapan salam ataupun rasa syukur terhadap sang pencipta.

2. Isi
Pada bagaian ini merupakan unsur paling penting dalam teks pidato karena pada bagian ini langsung mengutarakan maksud dan tujuan pembuatan pidato tersebut, jadi dalam pembuatan isi sebaiknya kalian lebih teliti lagi.

3. Penutup
Setelah pembukaan dan isi di sampaikan dengan tuntas maka bagian selanjutnya adalah penutup. Padabagian ini biasanya berisikan kesimpulan dari pembacaan pidato tadi dan di akhiri dengan pengucapan salam.

Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, adalah pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggung jawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.


Persiapan Pidato


Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.
6. Mempersiapkan mental dan menyesuaikan kondisi saat kita berpidato nanti.
7. Menentukan Tujuan Pidato
8. Menguraikan secara mendetail isi pidato.
9. Membuat kerangka yang unik persiapan pidato.

Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

Fungsi Pidato

Pidato juga memiliki fungsi – fungsi tertentu. Fungsi dari pidato, yaitu sebagai berikut.
1. Pidato berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan komunikasi antarsesama anggota dalam organisasi.
2. Pidato berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan komunikasi antaratasan dan bawahan.


Tujuan Pidato


Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
4. Pidato digunakan untuk meyakinkan pendengar atau dinamakan dengan argumentatif


Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang Saya hormati Kepala Sekolah MtsN Ngantru.
Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah MtsN Ngantru.
Beserta seluruh murid MtsN Ngantru yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Saw, karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada siang ini dalam keadaan yang sehat.
Mungkin sudah banyak diantara hadirin yang paham mengenai pengertian globalisasi, atau mungkin masih ada yang belum memahaminya?
Kali ini saya ingin sedikit mengajak hadirin semua untuk mengingat kembali beberapa pola hidup yang mengakibatkan globalisasi. Apa pengaruhnya bagi kita semua dan bagaimana kita menghadapi pengaruhnya.

Globalisasi berasal dari kata global yang memiliki arti menyeluruh. Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik.
Globalisasi mempunyai pengaruh yang hampir meliputi semua aspek lini kehidupan.

Misalnya, dalam bidang transportasi. Ada begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya. Transportasi ini membuat orang lebih mudah untuk melakukan aktivitas ataupun pekerjaannya.
Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman dahulu yang untuk ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan jalan kaki.

Selain transportasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan. Sebagai contohnya adalah handphone. Zaman canggih seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.
Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Baik yang sudah tua maupun yang muda semua berlomba untuk dapat menggunakannya. Bahkan, tidak sedikit dari generasi muda yang bisa menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Dampak globalisasi juga mempengaruhi dunia kuliner di indonesia. Perlahan namun pasti masyarakat kita sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri. Misalnya pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.
Aspek berikutnya adalah fashion. Tampak jelas sekali berbagai jenis pakaian yang booming di luar negeri segera di ikuti masyarakat kita.

Bidang lain yang tidak kalah heboh adalah olahraga. Kita sekarang sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.
Begitu banyak aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi. Hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya.

Beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh global sudah hampir merasuk dalam seluruh lini aspek kehidupan.
Semua orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. Untuk itu, sebagai masyarakat kita harus bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang akan masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik.

Apabila hal ini dapat dilakukan oleh semua masyarakat, maka ciri khas kearifan budaya Nusantara ini akan dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.
Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Harapan kita bersama, semoga pengaruh globalisasi ini tidak akan merusak keutuhan kita berbangsa dan bernegara. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr WbYang saya hormati guru-guru MtsN Ngantru. ( notepam.com )

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Lingkungan


Menjaga Keberhihan Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan,
Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,
Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jum’at dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,
Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!
Wassalamu’alaikum Wr.Wb. ( lifeblogid.com )

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pergaulan Bebas


Assalamualaikum Wr.Wb, selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati bapak dan ibu guru serta staf tata usaha dan teman-temanku semua yang saya sayangi. Marilah kita berdoa bersama, mengucap rasa syukur kepada tuhan yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang mengenai Pergaulan Bebas dikalangan remaja. Di era globalisasi ini banyak remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas merupakan pergaulan yang terlalu berlebihan dan telah menyalahi aturan-aturan atau norma-norma adat istiadat yang berlaku dimasyarakat. Beberapa contoh yang termasuk pergaulan bebas dikalangan remaja seperti mabuk-mabukan, menggunakan narkoba, merokok, balapan liar dan hamil diluar nikah. Ada beberapa faktor penyebab pergaulan bebas bisa terjadi, karena pengaruh dari teman yang kurang baik perilakunya, kurangnya kesadaran anak tersebut akan akibat yang ditimbulkan dari pergaulan bebas, kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga anak tersebut mencari perhatian diluar lingkungan keluarga dengan cara yang kurang baik, aturan dari orang tua yang terlalu mengekang anak. Akibat dari faktor-faktor tersebut anak akan mencari kebebasan dilingkungan luar rumah yang bisa menerima dan mengakui keberadaan dirinya yang mungkin dapat merugikan anak itu sendiri. Seperti sekolahnya menjadi terbengkalai, sering bolos saat jam pelajaran dan masa depannya akan menjadi suram.

Jadi pergaulan bebas merupakan suatu perbuatan yang tidak terpuji dan banyak merugikan diri sendiri maupun orang disekitar kita. Oleh karena itu kita harus menjauhi perbuatan tersebut dan dan saling menghargai antar sesama manusia agar tidak terjerumus dan menyesal pada akhirnya. Semoga pidato yang telah saya sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Wasalamualaikum.

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Perpisahan


Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman-teman, doa saya menyertai teman-teman semua… Amin.
Wassalam.

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tentang Narkoba


Assalamualaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru dan Staf pengajar
Dan yang saya hormati teman-teman semuanya

Segala puji bagi Allah SWT dan puji syukur kita panjatkan atas limpahan rahmat dan karuniaNYA sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda nabi Muhammad SAW dan semoga kita mampu meneladaninya.

Sebagai pembuka dari apa yang akan saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan narkoba yang merupakan tema dari pidato kali ini.

Narkoba adalah segala zat berbahaya yang dapat merusak kesehatan dan dapat mengakibatkan efek kecanduan bagi para penggunanya dan narkoba terus berkembang melalui sebuah proses hingga muncul narkoba-narkoba jenis baru dan memiliki efek lebih berbahaya dari narkoba jenis sebelumnya.

Melalui media cetak dan elektronik kita dapat menyaksikan bagaimana para pengedar narkoba membangun jaringan dalam rangka menjual dan mengedarkan barang tersebut. Dari jaringan internasional sampai pada gerbong gerbong narkoba melalui kurir dan di kemas secara rapi dan diedarkan hingga sampai pada daerah-daerah pelosok bahkan sampai pada lembaga pemasyarakatan yang notabene merupakan tempat untuk memberikan efek jera bagi siapa saja yang melanggar hukum termasuk mengedarkan dan mengkonsumsi narkoba.

Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman yang saya hormati

Jika lembaga pemasyarakatan yang setiap waktunya ada pemeriksaan dan post penjagaan mampu mereka lewati untuk mengedarkan narkoba lantas bagaimana dengan lembaga pendidikan? Perlu kita ketahui bersama bahwa pelajar yang secara usia dan psikologis umumnya memiliki tingkat emosional yang labil dan pola berpikir yang  belum matang sangat rentan untuk terpengaruh dan tertarik dengan hal-hal yang menurut mereka baru dan ini menjadi ruang bagi para pengedar narkoba untuk mempengaruhi dan menghasut untuk menggunakan narkoba dengan dalih sebagai gaya hidup dan trend remaja masa kini.

Untuk menghindari peredaran dan penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan pergaulan sehari-hari, kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya narkoba perlu ditanamkan pada setiap anak didik yaitu dengan cara penyampaian materi, forum diskusi, maupun dalam bentuk tugas-tugas sekolah dan lainya seperti tugas pembuatan cerpen dengan tema bahaya narkoba, tugas makalah tentang narkoba atau dengan media sosialisasi lainnya seperti poster dan majalah dinding yang kesemuanya bertemakan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Dengan cara-cara di atas secara tidak langsung para siswa ataupun pelajar akan mengenal dampak dari penyalahgunaan narkoba dan seiring waktu akan terbentuk pola pikir untuk menjauhi penggunaan narkoba

Sebelum saya akhiri pidato tentang narkoba ini sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan mohon maaf apabila ada kata ataupun ucapan yang tidak berkenan bagi teman teman dan khusunya Bapak Kepala Sekolah dan Bapak Ibu guru semuanya
Wassalamualaikum Wr. WB.

Itulah sedikit ulasan mengenai teks pidato semoga dapat membantu sobat :)
Jangan Lupa Share ya :)

1. Berkomentarlah yang relavan sesuai topik artikel,
2. Komentar di larang mengandung spam.
3. Jika komentar mengandung link aktif tidak akan di tampilkan.
EmoticonEmoticon